Rubik Fever

Ada epidemi virus baru yang muncul di kampus gue belakangan ini. Belum ada satu orang yang sanggup nyembuhin penyakit ini. Ciri-ciri penyakit ini antara lain : jari-jari bergerak dengan sendirinya, emosi yang tiba-tiba meluap, tekanan darah tinggi dan mata menjadi tidak focus melihat warna-warna. Virus ini datang gara-gara 1 orang. Virus ini datang gara-gara gue. Eh eh eh, pada mau kemana??? Baca dulu tulisan gue sampe selese. Penyakit ini namanya …

RUBIKS FEVER!!!

Temen-temen di kampus gue sekarang pada tergila-gila sama yang namanya Rubiks Cube. Efek dari penyakit ini ke gue, tiap kali gue masuk kampus gue sering banget di samperin sama anak-anak. Sebenernya bukan nyamperin gue, tapi nyamperin rubik gue. Rubiks, kenapa lo lebih populer dari gue?! Haa? K E N A P A??!! *banting rubik*


Itu baksonya sumpah enak banget

Sebagai bentuk tanggung jawab gue yang udah nyebarin Rubiks Fever di kampus. Sekarang, gue mau ngasih tahu gimana cara nyelesein rubiks dari yang acak-acakan, sampai bisa bener semua warnanya. Ada 3 alternatif buat nyelesein rubiks cube.

Banting rubiknya, pecahin dan susun kembali.

Cara ini biasanya digunain sama orang yang udah depresi berat ga bisa nyelesein rubik. Gue pernah praktekin. Best time gue solve rubik pake cara ini 7 menitan lebih. Lirik rubiks, “Maafin gue rubik, gue harus, gue harus bisa.”

Warnain rubiknya pake cat/spidol/spray/whatever lah kalian mau pake pewarna apaan

Ini cara paling cepet, gue belom pernah nyoba cara ini. Tapi ada temen dari kenalan gue di kampus, gara-gara udah desperate ga bisa nyelesein rubik dia ambil jalan pintas. Untung cuma rubik, coba kalo lagi ujian ga tahu gimana nasib lembar jawabnya.

Alogaritma.
Eh eh eh, denger kata alogaritma aja pada lari semua. Tenang-tenang, gampang kok caranya. Yang ga sampai standar 6.00 ulang lagi 1 tahun yaa.

SOLVE RUBIK’S CUBE

What you need :

Sepasang bola mata

Memori yang lumayan gede

Rubik

First Aid Kid (bukan buat lo, tapi buat rubik lo. Siapa tahu di tengah-tengah lo nyerah dan banting rubik lo).

Pertama ada beberapa notasi rubik yang perlu lo tahu yang nantinya bakal lo inget sepanjang lo mainin rubik. Ini dia :


L : rubik sebelah kiri diputar 90o searah jarum jam

L’ : rubik sebelah kiri diputar 90o berlawanan arah jarum jam

R : rubik sebelah kanan diputar 90o searah jarum jam

R’ : rubik sebelah kanan diputar 90o berlawanan arah jarum jam

F : rubik bagian depan diputar 90o searah jarum jam

F’ : rubik bagian depan diputar 90o berlawanan arah jarum jam

B : rubik bagian belakang diputar 90o searah jarum jam

B’ : rubik bagian belakang diputar 90o berlawanan arah jarum jam

U : rubik bagian atas diputar 90o searah jarum jam

U’ : rubik bagian atas diputar 90o berlawanan arah jarum jam

D : rubik bagian bawah diputar 90o searah jarum jam

D’ : rubik bagian bawah diputar 90o berlawanan arah jarum jam

SABAR JANGAN PINGSAN DULU

Sebelumnya, selalu inget warna putih selalu di bawah dan warna kuning selalu di atas. Pertama, bentuk “+” warna putih. Pertama kali bikin di warna kuning dulu kayak gini :


Kalo udah kayak gitu, lihat layer 1 di tanda “+” itu, samain warnanya ditengah. Terus puter 180o terserah mau searah jarum jam atau berlawanan. Nanti bakal jadi kayak gini :


STEP 1 :

Sekarang yang lo liat ada tanda “+” putih semua kan? Sekarang selesein warna putih semuanya. Caranya, liat sisa warna putih ada dimana. Mungkin buat nyelesein warna putih ini lo bkalan nemuin kondisi yang berbeda misalnya ada warna putih di layer 1, layer 3, atau di bagian atas rubik.

Layer 1.


Lo liat warna di samping warna putih warna apaan. Misal warna orange, lo cari yang tengahnya juga orange, lalu lakuin gerakan (L’ U’ L) gerakan ini hanya berlaku kalo warna putih di layer 1 ada di sebelah kiri, kalo warna putih di sebelah kanan gerakannya (R U R’). Perlu diingat, gerakan STEP 1 (L’ U’ L / R U R’) juga bakalan ke pake di STEP 2 nanti. Jadi, inget baik-baik.

Layer 3.


Cara mainnya gini, warna putih yang masih sisa tadi taroh di depan. Dan kalo sisa warna putih tadi ada di sebelah kiri, lakuin gerakan (L’ U L), kalo dikiri yaa lo tau lah mesti ngapain. Kalo udah lakuin gerakan itu, sisa warna putih tadi pasti ada di layer 1. Gerakan STEP 1 (L’ U’ L / R U R’).

Bagian atas rubik.


Lo liat bagian putih yang masih kosong, taroh geser sisa warna putih tadi ke tempat yang masih kosong (yang digeser cuma layer 1 aja, ke kanan/ke kiri). Kalo udah lakuin gerakan (L U L’), kalo udah lo lakuin itu sisa warna putih tadi bakalan ada di layer 1. Lakuin gerakan STEP 1 (L’ U’ L / R U R’).

And foilah! Warna putih dan layer 3 udah jadi.


STEP 2

Ingat, waktu main rubik warna putih selalu di bawah dan kuning selalu di atas. Tujuan dari STEP 2 adalah nyelesein layer 2 dan 3. Sekarang, lo liat bagian atas rubik, liat yang ga ada warna kuningnya di sisi-sisinya (kecuali warna kuning di tengah dan di pojok-pojok). Misal kasusnya kayak gambar ini :


Ada warna merah di atas dan ijo di layer 1. Anggep aja itu warna ijo belum sama, geser layer 1 ke warna yang sama (inget, cuma layer 1 aja yang digeser) biar kayak ada di gambar di atas. Kalo udah sama, sekarang liat atasnya, atasnya kan merah dan merah ada di sebelah kiri lakuin gerakan (U’ L’ U’ L) misal dikanan (U R U R’). Abis lakuin gerakan itu pasti ada warna putih yang nyangkut lagi di layer 1, lakuin gerakan STEP 1.

Terkadang ada kasus seperti ini :

–>

Bagian atas ada kuningnya dan layer 1 ada kuningnya semua juga di keempat sisi. Yang perlu lo lakuin adalah ulang STEP 2 (U’ L’ U’ L / U R U R’) di sisi yang belom selesai layer 2 dan 3 nya. Dan sekali lagi ulangi langkah ini dari awal STEP 2 kayak yang gue jelasin di atas.


STEP 3

Tujuan dari step 3 ini adalah untuk ngebentuk arah jarum jam 9 di bagian atas rubik (Up)/di warna kuning di atas. Terserah lo mau lakuin dari warna apa (asal jangan warna kuning atau putih, inget putih tetep di bawah). Gerakannya (F U R U’ R’ F’). Kalo sebelumnya udah ada warna kuning ngebentuk jam 9, langsung aja lakuin gerakan step 3 (F U R U’ R’ F’) biar ngebentuk tanda “+” warna kuning.


STEP 4

–>

Tujuan dari step ini adalah ngebentuk mata ikan, gerakan STEP 4 (R U R’ U R U2). Kalo ga jadi-jadi juga, coba dari sisi lain dan lakuin STEP 4 lagi.


STEP 5

–>

Step 5 ini, cara nyelesein warna kuning di bagian atas rubik (Up). Gerakannya sama kayak STEP 4 (R U R’ U R U2).


STEP 6


Step 6 ini agak panjang, ribet dan perlu lo inget dan kalo perlu di catet. Pertama yang perlu lo liat adalah layer 1 (lagi) liat yang warnanya udah sama semua atau cuma kiri dan kanannya. Geser layer pertama ke warnanya yang sama dan lakuin gerakan (R’ F R’ B2 R F’ R’ B2 R2).


STEP 7

–>

Last step!! Woo-hoo.. Bentar lagi kalian bakalan nyelesein rubik buat pertama kalinya (kalo kalian ngerti step-step yang gue jelasin). Sekarang, last move. Lakuin gerakan (F2 U/U’ L R’ F2 R L’ U/U’ F2).


SELAMAT KALIAN BISA NYELESEIN RUBIK CUBE!!


***

Beuh, ini posting terpanjang gue buat saat ini. Kalo mungkin kurang jelas bisa tanya-tanya gue lewat YM atau Facebook gue. Gue mau off dulu, lieur euy seharian di depan monitor. So boys and girls, selamat mencoba dan selamat berpusing ria!! *evil laugh*

Note : jangan sekali-kali banting rubik. Karena rubik adalah salah satu benda yg dilindungi (gue yg lindungin). Begitu lo banting rubik. I’ll be there.

Iklan

10 thoughts on “Rubik Fever

  1. abu ghalib berkata:

    saya punya tips yang lebih cepat
    tidak perlu dibolak-balik lagi
    langsung dicat dg warna yang sama pada masing2 sisinya 😀

  2. Virry Chusnia berkata:

    Q dah bs nyamain warna yg bwh+layer1+layer2.., trz lanjutannya gmn y? Q g paham dg yg di atas… Kq ada gerakan FURURF,, apa’an c q g maksud,, Tlg jelskan y,, plizz

    • dewi19th berkata:

      F U R U’ R’ F’ maksudnya?
      ini gerakin yang depan ke kanan, atas ke kanan, kanan ke belakang, atas ke kiri, kanan ke depan, depan ke kiri..
      sambil dibaca-baca aja algoritmanya.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s