Random Journey (2)

If you read previous post, you can see my journey to my old high school. Di post ini sedikit pencerahan setelah gue dari SMA X atau bisa dibilang perjalanan gue pulang. Dengan sedikit ke-rasional-an (wait, don’t get the wrong thing, I’m always rational and realist) dan care-meter gue yang masih tersisa dan aktif.

Di tengah jalan gue inget beberapa mata pelajaran bahas tentang penemuan baru, inovasi. Seperti di mata pelajaran sejarah yang bahas tentang penemuan Indonesia, sumber rempah-rempah terbesar, oleh Belanda. Di mata pelajaran Sosiologi yang bahas tentang… umm, gue lupa. Pokoknya di Sosiologi gue sekilas inget bahas tentang inovasi. Kemudian di mata pelajaran Fisika tentang hukum-hukum fisika. Saat di bangku kuliah pun pembahasan tentang inovasi ini selalu ada, bahkan dibumbui dengan sedikit bumbu politik. FYI, gue kuliah di FISIP.
Perjalanan pulang ini bikin gue jadi bertanya-tanya, berapa orang yang benar-benar menghargai inovasi? Berapa orang yang mau bener-bener perhatiin ada penemuan baru? Not much, right? Gimana dengan orang-orang biasa atau anak-anak jenius dengan segala penemuannya? Berapa orang mau memfokuskan matanya ke penemuan mereka? Berapa orang di Indonesia yang tahu kalo hak paten, dengan membuat hak paten terhadap penemuannya, meskipun itu kecil, mungkin bisa menghasilkan uang?

I know I can’t and shouldn’t compare between USA and Indonesia. But for you to know, in America even a little invention from an elementary student they have right to make patents to their invention. Who knows, maybe in 10 years the little invention is a rough beginning of something big?

Di Indonesia gue tahu ada Direktoral Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Tapi gue ga begitu tahu sejauh mana area kerja mereka. You know, this invention thing isn’t really on spotlight in Indonesia. I’m sorry, berita politik terlalu banyak dan bikin gue jadi sedikit careless.

I’m always having interest on how the world change and invention, especially invention in technology. I have interest on how people trying to change the world. To a better world.

Oh, how I wish I can make this as my thesis. So I won’t feel the burden. It’s kind of hard to do something you didn’t like. Don’t get this wrong, I like writing. But for my thesis, I don’t have feel on the theme and the purpose. Orang-orang di sekitar gue bilang skripsi itu yang gampang aja yang penting lulus cepet. But, to be honest, I don’t want my hardwork, yang gue yakin bakal jadi ratusan lembar, berakhir pada saat dosen gue bilang “Selamat Kamu LULUS” di ruang sidang dan diantara koleksi buku gue. Ga munafik, gue pengen denger dosen bilang gitu ke gue SECEPETNYA. And I want to my family know what I really learnt, what I’ve got from 4 years in college. I want they know I didn’t waste their money for nothing. I want they know I’m really different and I have my own reason.

Katakanlah mindset inventor ini ditanam sejak dini, bisa dibayangin masa depan Indonesia? Can you imagine that? You are smiling, right? Gue ngerti ini ga semudah yang dibayangin, harus ada kelanjutannya. Harus ada ‘pembimbing dan pelindung’.

All I know, Indonesia punya potensi. Indonesia punya banyak orang pintar, tapi sedikit yang mengapresiasinya. Gue sangat mengapresiasi orang-orang pintar di Indonesia dan orang-orang Indonesia yang ada diluar sana yang mencoba merubah image Indonesia, yang mencoba mengenalkan potensi lain Indonesia dan orang Indonesia.

* It’s funny, right? How my random journey earn this post?
** In this post I’m talking about invention of technology
*** In case my college-mate read this post, I know you hard working too on your thesis. I know how you struggling hard to finish it. These post just my personal opinion about this whole nerve-wrecking thesis that I don’t finish it yet. Mamah~ ;____;
**** And I wrote this post so carelessly. Sorry?

Tinggalkan Balasan

